Penerapan Metode Latihan (Penguatan) dengan Kuis dalam Pembelajaran Seni Budaya SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan

Salvitri, Wike (2017) Penerapan Metode Latihan (Penguatan) dengan Kuis dalam Pembelajaran Seni Budaya SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WIKE_SALVITRI_1301135_4104_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode latihan dengan kuis dalam pembelajaran seni budaya di kelas VIII 3 SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 2 Painan, dimana siswanya terdiri dari 20 orang siswa. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan alat pengumpulan data seperti alat tulis, buku, kamera dan observasi langsung kelapangan saat guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode kuis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode latihan dengan kuis berefek baik bagi perilaku belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya. Dapat dilihat dari perubahan perilaku siswa dari pertemuan pertama saat diberikan kuis yang berangsur baik sampai pertemuan seterusnya. Seperti : tidak keluar dalam proses pembelajaran, mau bertanya saat tidak mengerti materi pelajaran, dan mau menanggapi saat guru bertanya seputar materi belajar. Perubahan juga dapat dilihat dari meningkatknya hasil ujian akhir semester siswa, dibandingkan dari hasil belajar saat ujian tengah semester. Dengan demikian peneliti mengambil kesimpulan pada penelitian ini bahwa penerapan metode kuis efektif digunakan pembelajaran seni budaya di kelas VIII 3 SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Dec 2018 03:46
Last Modified: 17 Dec 2018 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20094

Actions (login required)

View Item View Item