Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Universitas Negeri Padang

Sulaiman, Sulaiman (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
Tesis Untuk Repository.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Negeri Padang yang berdampak pada pencapaian hasil belajar secara optimal dalam perkuliahan, diperlukan adanya beberapa upaya olrh dosen. Salah satu upaya tersebut adalah dengan pemilihan dan penggunaan strategi pembelajaran CTL. Penelitian quasi eksperimen ini dilakukan di Universitas Negeri Padang. Dengan menggunakan teknik cluster sampling, data dikumpulkan melalui pretest, posttest dan test motivasi. Selanjutnya data dianalisis dengan uji F yang dilanjutkan dengan uji Tuckey. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar PAI mahasiswa UNP yang belajar dengan strategi pembelajaran CTL lebih tinggi dari hasil belajar PAI yang belajar dengan strategi konvensional; 2)Hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang belajar dengan Strategi Pembelajaran CTL lebih tinggi dari pada hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang belajar dengan sistem konvensional; 3)Hasil belajar mahasiswa miliki motivasi belajar rendah yang belajar dengan strategi konvensional lebih tinggi dari pada hasil belajar mahasiswa yang belajar dengan Strategi Pembelajaran CTL yang memiliki motivasi berprestasi rendah; 4) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 13 Dec 2018 01:41
Last Modified: 13 Dec 2018 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20093

Actions (login required)

View Item View Item