Pelestarian Kesenian Randai Oleh Group Manggih Mudo di Kelurahan Manggis Ganting, Kecamatan Mandiangin/Koto Selayan Kota Bukittinggi

Arifiani, Vika (2017) Pelestarian Kesenian Randai Oleh Group Manggih Mudo di Kelurahan Manggis Ganting, Kecamatan Mandiangin/Koto Selayan Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_VIKA_ARIFIANI_1305502_3881_2017.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelestarian kesenian yang dilakukan oleh Group Manggih Mudo di Kelurahan Manggis Ganting Kecamatan Mandiangin/Koto Selayan Kota Bukittinggi yang saat ini masih digunakan dan eksis di Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Objek penelitian ini adalah kesenian Randai yang berada di Group Manggih Mudo Kelurahan Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Group Manggih Mudo melakukan usaha pelestarian kesenian Randai dengan membawa pemerintah ikut serta dalam usaha pelestarian kesenian Randai di kelurahan Manggis Gantiang. Pemerintah kota memberian bantuan dana kepada group Manggih mudo sebagai bentuk kontribusi dalam pelestarian kesenian Randai. Pemerintah juga melibatkan Group Manggih Mudo dalam acara atau kegiatan yang di adakan penerintah kota seperti pada tahun 2015 pemerintah mengundang group Manggih Mudo dalam acara Pagelaran seni yang di adakan di gedung RRI. Kemudian Group Manggih mudo Juga diundang dalam acara semarak lima yang diadakan dipelatan jam gadang . Group Manggih mudo juga melakukan pelestarian dengancara mewariskan kesenian Randai pada generasi muda dengan cara adanya latihan rutin yang dilaksanakan di sekitar rumah bapak Yazirwan, yang bertujuan untuk mengenalkan Randai pada generasi muda. Menjaga eksistensi Group Manggih mudo juga merupakan upaya yang dilakukan oleh group Manggih mudo untuk melestarikan kesenian Randai. Eksis di gunakan baik di dalam kelurahan Manggis Ganting ataupun diluar kelurahan Manggis Ganting. Seperti dalam acara pesta pernikahan dan acara penyambutan tamu di sebuah perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:47
Last Modified: 11 Dec 2018 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20090

Actions (login required)

View Item View Item