Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start Question (LSQ) terhadap Hasil Belajar Seni Tari di SMA Negeri 14 Padang

Vebiola, Vebbi (2017) Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start Question (LSQ) terhadap Hasil Belajar Seni Tari di SMA Negeri 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_VEBBI_VEBIOLA_1305469_4221_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran aktif tipe learning start a question (LSQ) terhadap hasil belajar seni tari di SMA Negeri 14 Padang tahun ajaran 2016/2017. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang yang berjumlah 255 orang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik purposive sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas XI IPS3 (kelas eksperimen) dan kelas IPS1(kelas kontrol) masingmasing berjumlah 32 per kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil aspek pengetahuan. Dari hasil penilaian pengetahuan siswa terlihat bahwa terdapat perbedaan signifikan antara penggunaan model pembelajaran aktif tipe Learning Start Question (LSQ) dengan metode konvensional, yang terlihat dari siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 83,02 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 76,77. Hasil analisis data pada penilaian pengetahuan didapatkan harga thitung4,31 dan ttabel 1,67, Dengan demikian hipotesis kerja diterima. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran aktif tipe Learning Start Question (LSQ) lebih baik dari pada dengan menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:47
Last Modified: 11 Dec 2018 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20089

Actions (login required)

View Item View Item