Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Melalui Rangsangan Audio di TK Teladan Pertiwi Tunas Harapan Kota Bukittinggi

Respati, Tiara Eka (2017) Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Melalui Rangsangan Audio di TK Teladan Pertiwi Tunas Harapan Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_TIARA_EKA_RESPATI_1301139_4211_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan motorik anak melalui kegiatan yang menyenangkan yaitu melalui rangsangan audio. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa masih rendahnya kemampuan motorik anak hal ini disebabkan oleh kurang kreativitas dan strategi guru dalam menciptakan suatu kegiatan untuk mengembangkan motorik anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang subjek penelitiannya 20 orang yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II dilakukan tiga kali pertemuan. Pada siklus I persentase nilai rata-rata anak dengan kriteria baik menjadi tiga puluh Sembilan persen, dan siklus II persentase nilai rata-rata anak meningkat menjadi delapan puluh lima persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase kemampuan motorik anak melalui rangsangan audio meningkat dari siklus I 39% ke siklus II 85%. Pada siklus I meningkat dengan baik dan pada siklus II meningkat menjadi lebih baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan rangsangan audio dapat meningkatkan kemampuan motorik anak di TK Teladan Pertiwi Tunas Harapan Kota Bukittinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:47
Last Modified: 11 Dec 2018 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20086

Actions (login required)

View Item View Item