Meningkatkan Penguasaan Materi Pelajaran Seni Musik pada Pembelajaran Seni Budaya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TipeJigsawdi SMP N 2 Tebo

Andini, Septia (2017) Meningkatkan Penguasaan Materi Pelajaran Seni Musik pada Pembelajaran Seni Budaya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TipeJigsawdi SMP N 2 Tebo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SEPTIA_ANDINI_15874_4536_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari empat sampai enam orang secara heterogen dan siswa bekerja sama saling ketergantungan dan bertanggung jawab secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran model jigsaw dalam rangka meningkatkan hasil belajar seni musik dalam pembelajaran seni budaya di SMP Negeri 2 Tebo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara obsevasi, wawancara dan tes. Tahap-tahap prosedur penelitian adalah pengenalan masalah, persiapan tindakan, penyusunan rencana tindakan, pengamatan dan penyusunan laporan. Tindakan dilakukan dalam siklus-siklus dimana setiap siklus terdiri dari dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi untuk perencanaan siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam proses pembelajaran seni musik pada kelas VIII di SMP Negeri 2 Tebo berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang masih lemah dalam penguasaan materi pelajaran pada siklus 1 dapat ditangani dengan melanjutkan pada siklus kedua yaitu dengan memperjelas materi karya seni musik lagu tradisional nusantara dengan menampilkan pertunjukkan Es Lilin dan Apuse dalam bentuk video. Dengan demikian, proses pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus 2 mencapai tingkat keberhasilan. Jadi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran seni budaya materi ajar seni musik dapat meningkatkan hasil belajar sebagaimana terlihat pada peningkatan hasil belajar dalam mempresentasikan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:46
Last Modified: 11 Dec 2018 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20078

Actions (login required)

View Item View Item