Kontribusi Software Nuendo untuk Meningkatkan Ketepatan Pitch Penyanyi dalam Paduan Suara di Jurusan Sendratasik FBS UNP

Kausara, Rida (2017) Kontribusi Software Nuendo untuk Meningkatkan Ketepatan Pitch Penyanyi dalam Paduan Suara di Jurusan Sendratasik FBS UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RIDA_KAUSARA_1301156_3947_2017.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Pada saat proses latihan paduan suara, terdapat permasalahan diantaranya mahasiswa sulit menyuarakan nada dari notasi lagu yang dijadikan bahan latihan.Untuk mempermudah mahasiswa untuk bisa menyuarakan ketepatan sesuai nada “Pitch” dari notasi angka, maka dibutuhkan sebuah panduan nada. Panduan ini dapat berupa media software digital, salah satunya adalah Software Nuendo. Software Nuendo nantinya akan berfungsi membantu menyuarakan “Pitch”. Penelitian ini bertujuan membandingkan hasil ketepatan menyuarakan nada antara penggunaan alat bantu Software Nuendo dalam kegiatan paduan suara dengan metode kontrol, objek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa keahlian musik angkatan 15. Metode yang digunakan adalah metode Eksperimen yaitu dengan melakukan percobaan pada objek penelitian.Dalam penelitian ini percobaan paduan suara akan dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen berupa objek penelitian yang memanfaatkan Software Nuendo dalam latihan paduan suara dan kelas kontrol berupa objek penelitian yang dalam paduan suara. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Software Nuendo dalam kegiatan paduan suara lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil analisis diketahui bahwa nilai rata-rata penyuaraan nada tepat kelas eksperimen 57,33 sedangkan kelas kontrol 53, 83.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:45
Last Modified: 11 Dec 2018 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20066

Actions (login required)

View Item View Item