Pembelajaran Rekorder dengan Metode Tutor Sebaya di Kelas VIII. 8 SMPN 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam

Nurleli, Nurleli (2017) Pembelajaran Rekorder dengan Metode Tutor Sebaya di Kelas VIII. 8 SMPN 1 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NURNELI_14023070_1749_2017.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tutor sebaya pada pembelajaran musik rekorder di SMP N 1.Lubuk Basung. Jenis penelitian tergolong penelitian kualitatif yakni penerapan metode tutor sebaya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Tutor sebaya diterapkan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang membantu memenuhi kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan tutor sebaya diberikan kepada siswa sesuai dengan materi semester berjalan yaitu: Standar Kompetensi mengeksprersikan diri melalui karya musik nusantara dalam hal ini ditekankan materi, teknik penjarian yang baik dan penguasaan frase dan melodi, serta sikap tubuh Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dalam lagu Ambilkan Bulan Bu terutama berkaitan dengan materi, teknik penjarian yang baik dan penguasaan frase dan melodi, serta sikap tubuh. Peningkatan hasil belajar yang baik, terlihat dari penguasaan materi ajar yang ditunjukkan siswa dan pencapaian hasil belajar rata-rata siswa di atas standar ketuntasan minimal (SKM) 75. Hasil pembelajaran tercapai maksimal yaitu tuntas 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:44
Last Modified: 11 Dec 2018 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20051

Actions (login required)

View Item View Item