Bentuk Penyajian Kesenian Reog Ponorogo di Jorong Koto Agung Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Suryanti, Nika (2017) Bentuk Penyajian Kesenian Reog Ponorogo di Jorong Koto Agung Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NIKA_SURYANTI_1301141_4083_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bentuk Penyajian Kesenian Reog Ponorogo di Jorong Koto Agung Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, metode ini dapat memenuhi, mengungkapkan dan mendokumentasikan cara yang digunakan untuk memperoleh data di lapangan. Objek penelitian adalah Kesenian Reog Ponorogo di Jorong Koto Agung Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Instrumen peneliti ini adalah peneliti sendiri dengan alat bantu alat tulis, kamera video dan kamera foto. Teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data merupakan teknik pengolahan data primer yang dimulai dari proses karya lapangan sampai pada tahap mengidentifikasi data dalam tema-tema formal yang dilengkapi dengan data sekunder. Hasil penelitian yaitu bahwa bentuk penyajian Kesenian Reog Ponorogo adalah non representatif ini dilihat melalui elemen-elemen bentuk penyajian tari yaitu: gerak, penari, pola lantai, musik, kostum, tata rias, properti, waktu dan tempat pertunjukan. Bentuk Penyajian Kesenian Reog Ponorogo di Jorong Koto Agung Nagari Sungai Duo mempunyai 3 bentuk tarian diantaranya : Jathilan,Bujang Ganong danSingo Barong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:44
Last Modified: 11 Dec 2018 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20049

Actions (login required)

View Item View Item