Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kerinci

Yastuti, Nidia Puji (2017) Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NIDIA_PUJI_YASTUTI_1202844_1085_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe quiz Team Terhadap Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kerinci, dan apakah ada perbedaan hasil belajar seni tari siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kerinci antara kelas yang menggunakan metode belajar konvensional dan kelas yang menggunakan metode belajar aktif tipe quiz team. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah keseluruhan kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kerinci yang berjumlah 129 orang siswa yang terbagi dalam 4 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2, masing-masing berjumlah 32 orang siswa per kelas. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pertanyaan 30 butir soal objektif dan alat pengumpul data digunakan lembaran pertanyaan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (ttest). Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode belajar aktif tipe quiz team dengan metode konvensional, yang terlihat dari siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode belajar aktif tipe quiz team memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 81,69 jika dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dengan nilai rata-rata 69,62. Berdasrkan perhitungan perhitungan ttest pada saat posttest diperoleh lebih besar dari yaitu 7,28>1,999 menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan hipotesis terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode belajar aktif tipe quiz team memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kerinci tahun ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:44
Last Modified: 11 Dec 2018 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20048

Actions (login required)

View Item View Item