Pembelajaran Musik bagi Anak Berkebutuhan Khsusus Luar Biasa di SMPLB YPPLB-A Tunanetra Payakumbuh

Rafi, Muhammad (2017) Pembelajaran Musik bagi Anak Berkebutuhan Khsusus Luar Biasa di SMPLB YPPLB-A Tunanetra Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MUHAMMAD_RAFI_1305474_4144_2017.pdf

Download (4kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikanpelaksanaan pembelajaran musik bagi anak berkebutuhan khusus luar biasa di SMPLB YPPLB-A Tunanetra Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan metode deskriptif-analisis. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa dalam perencanaan mengajar yang disiapkan guru dalam bentuk silabus dan RPP, jarang yang bisa dilaksanakan seuai kurikulum, mengingat pembelajaran musik bagi anak tunanetra yang bersifat spesifik, situasional, dan personal. Kemudian dari sisi pelaksanaan pembelajaran seni musik, diketahui jika anak tunanetra mempunyai kepekaan yang tinggi terhadap musik beserta unsur-unsurnya. Nada, melodi, harmoni, dan unsur musik lainnya bisa mereka ingat dan terapkan dalam praktek belajar musik tradisional Minangkabau dengan baik dan menarik perhatian. Hal itu disebabkan karena bidang bahasa dan musik memang menjadi ciri keberbakatan dan minat siswa tunanatra yang mendapat layanan pendidikan khusus luar biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:23
Last Modified: 05 Dec 2018 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20038

Actions (login required)

View Item View Item