Kurnia, Melta Dwi (2017) Upaya Pelestarian Kesenian Berdah di Desa Mandah Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_06_MELTA_DWI_KURNIA_1201135_469_2017.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk. “Upaya Pelestarian Kesenian Berdah di Desa Mandah Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir provinsi Riau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah penulis itu sendiri. Alat bantu yang digunakan dalam penelitian itu sendiri berupa alat tulis dan kamera digital, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah dengan studi kepustakaan, observasi, wawancara, pemotretan dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Upaya yang dilakukan saya sebagai peneliti adalah memberi perlindungan terhadap kepunahan kesenian Berdah yang mana tidak ada upaya perawatan ataupun upaya mencari penerus dalam memainkan kesenian Berdah ini, dengan cara memperkenalkan kembali kesenian berdah kepada masyarakat banyak, berlatih dan mengajarkn kesenian Berdah kepada generasi muda di Desa Mandah. Pelestarian secara kuantitas yang dilakukan peneliti seperti aspek pengembangan terhadap kesenian Berdah. Pengembangan yang dimaksud adalah dari segi jumlah pelaku, diupayakan agar pelaku atau pemain kesenian berdah mampu memainkan kesenian berdah dengan bertambah tau tidak terbatas bagi masyarakat yang berminat seperti mengajak atau mengajarkan kesenian Berdah kepada masyarakat khususnya anak-anak muda agar kesenian terus berkembang dan tetap ada penerus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 02:22 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 02:22 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20031 |
Actions (login required)
View Item |