Pengaruh Media AudioVisual pada Pembelajaran Musik Ensambel Kelas VIII di SMP Negeri 5 Pariaman

Nurrohim, Muhammad Riko (2017) Pengaruh Media AudioVisual pada Pembelajaran Musik Ensambel Kelas VIII di SMP Negeri 5 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_M._RIKO_NURROHIM_1201167_4332_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pelaksanaan pembelajaran seni musik berdasarkan silabus kurikulum 2013, pada pembelajaran musik ensambel ditemukan bahwa guru masih menggunakan metode konvensional dalam mengajar. Peran guru dalam memberikan contoh demonstrasi kepada siswa belum benar, guru juga belum memanfaatkan media untuk memberikan materi ajar kepada siswa. Hal ini berdampak pada nilai siswa yang masih kurang baik yaitu 60% dari siswa mendapat nilai dibawah KKM dan juga 40% siswa mendapat nilai pas pada KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja unsur dan pengaruh media audio visual pada pembelajaran bermain musik ensambel. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, objek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pariaman. Dalam hal ini peneliti menyarankan kepada guru untuk memakai media audio visual dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan kepada siswa yaitu belajar bermain musik ensambel. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut:pertama, unsurunsur dari media audio visual itu sendiri, berupa; a.sifatnya mudah untuk dipindahkan; b.dapat di putar kembali atau di dengar dan di lihat kembali secara berulang-ulang; c.membuat siswa benar-benar mengerti isi dari materi pelajaran dengan analisa yang lebih mendalam dan membuat siswa berfikir lebih spesifik tentang materi pelajaran; d.dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik; e.dapat merangsang partisipasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya; f.media audio visual memungkinkan adanya interaksi antara peserta didik dengan lingkungan sekitarnya; dan g.meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa. Hasilkedua, ditemukan adanya perubahan sikap yang lebih baik pada siswa dalam belajar, yang ditunjukkan melalui perilaku siswa menjadi lebih serius, bersungguh – sungguh dan semangat dalam belajar, dan nilai siswa yang naik menjadi 60% siswa berada pada KKM dan 40%siswa berada di atas KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Dec 2018 01:07
Last Modified: 05 Dec 2018 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20027

Actions (login required)

View Item View Item