Pendekatan Belajar Individual bagi Siswa Disabilitas di SMA LB Negeri 2 Padang

Rahmatika, Intan (2017) Pendekatan Belajar Individual bagi Siswa Disabilitas di SMA LB Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_INTAN_RAHMATIKA_54770_257_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan tentang Pendekatan belajar individual bagi siswa disabilitas (berkebutuhan khusus) di SMA LB Negeri 2 padang yang berkaitan dengan pendekatan individual di luar kelas (outdoor learning). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Data diperoleh dengan pengamatan studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi, Data dianalisis berdasarkan proses pembelajaran tari yang di peragakan oleh siswa disabilitas (berkebutuhan khusus). Hasil pembelajaran tari di SMA LB Negeri 2 padang memakai pendekatan individual (outdoor learning) yang awal nya hanya menggunakan ruangan kelas untuk pembelajaran sehingga siswa terlihat bosan, tetapi dengan pendekatan individual di luar kelas (outdoor learning) siswa terlihat lebih fokus, senang dan bersemangat dalam menari. Mereka yang awal nya tidak percaya diri serta kurang merespon, dengan pendekatan individual di luar kelas (outdoor learning) siswa disabilitas berkebutuhan khusus (tuna rungu) terlihat lebih bersemangat. Dengan pendekatan outdoor learning ini mereka terlihat lebih antusias melakukan gerakan tari yang diperagakan oleh guru walaupun mereka mempunyai kekurangan dalam pendengaran tanpa musik dan hanya menggunakan tempo melalui tepukan yang dilihat tidak menjadi hambatan untuk mereka berkreasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Dec 2018 01:07
Last Modified: 05 Dec 2018 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20022

Actions (login required)

View Item View Item