Studi Komparatif Penggunaan Speed Test pada Pembelajaran Tari di SMP N 3 Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi

Jasri, Hilda (2017) Studi Komparatif Penggunaan Speed Test pada Pembelajaran Tari di SMP N 3 Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_HILDA_JASRI_1205442_139_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP N 3 Batang Hari. Tujuan penelitian ini adalah membuat siswa menjadi aktif, tertarik, dan tidak melakukan kecurangan dalam menjalankan tes. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menghasilkan data perhitungan berupa angka-angka dari siswa yang diamati. Pemahaman pembelajaran seni tari memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan hasil belajar yang baik. Namun, kenyataannya pemahaman pembelajaran siswa SMP N 3 Batang Hari belum berkembang secara optimal. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa. Di samping itu, siswa juga kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penggunaan speed test. Setiap penggunaan speed test akan menuntun siswa secara optimal dalam memahami, aktif dalam pembelajaran, dan tidak curang dalam melakukan tes, sehingga siswa dapat memahami pembelajaran seni tari dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 3 Batang Hari yang pembelajarannya di akhiri dengan penggunaan speed test lebih baik dari pada pemahaman pembelajaran siswa menerapkan penggunaan non-speed test. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi adalah siswa-siswi kelas VIII SMP N 3 Batang Hari Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 70 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling, kelas VIII.5 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir untuk melihat hasil perbandingan hasil belajar seni tari. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh = 0,019 dengan. Karena < , maka H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa hasil belajar siswa yang belajar dengan penggunaan speed test lebih baik dari pada siswa yang belajar dengan penggunaan non-speed test.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Dec 2018 01:07
Last Modified: 05 Dec 2018 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20017

Actions (login required)

View Item View Item