Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari dengan MetodeCooperati Learning pada Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Pulau Punjung

Meidiani, Hidayatul (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari dengan MetodeCooperati Learning pada Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Pulau Punjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_HIDAYATUL_MEIDIANI_1301134_4212_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa terhadap Pembelajaran Seni Budaya di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Pulau Punjung selama ini menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga hasil belajar siswa rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research) dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan tindakan dan reaksi yang terjadi pada lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi dengan mengunakan lembar observasi, dan tes hasil belajar siswa dengan metode Cooperative Learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji data siswa dengan menggunakan rumus presentase, pembahasan dan kesimpulan. Teknik pengambilan data siswa digunakan dengan tes aspek kemampuan siswa dari segi wiraga, wirasa, dan wirama dengan indikator ketepatan gerak, hafalan gerak, ekspresi dalam menari, dan ketepatan iringan musik dengan gerak. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan metode Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa adapun nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 61,29% dan hasil belajar siswa pada siklus II adalah 82,59%. Dengan demikian penggunaan metode Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni tari di SMA Negeri 1 Pulau Punjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Dec 2018 01:07
Last Modified: 05 Dec 2018 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20016

Actions (login required)

View Item View Item