Struktur Gerak Tari Ramo-Ramo Tabang Duo di Jorong Bandar dalam Kanagarian Pasir Talang Timur Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan

Lugwensa, Gyavani (2017) Struktur Gerak Tari Ramo-Ramo Tabang Duo di Jorong Bandar dalam Kanagarian Pasir Talang Timur Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_GYAVANI_LUGWENSA_1305517_4478_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Struktur Gerak Tari Ramo-Ramo Tabang Duo di Jorong Bandar Dalam Kanagarian Pasir Talang Timur Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah mengenai Struktur Gerak Tari Ramo-Ramo Tabang Duo di Jorong Bandar Dalam Kanagarian Pasir Talang Timur Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, sedangkan instrumen utama adalah peneliti sendiri dan memerlukan alat dalam menghimpun data di lapangan yaitu berupa alat tulis dan kamera foto. Teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan cara menganalisa data yang sesuai mengenai Struktur Gerak Tari Ramo-Ramo Tabang Duo. Hasil penelitian menunjukan bahwa tata hubungan elemen dasar gerak tari RamoRamo Tabang Duo memiliki elemen dasar yang berhubungan dengan sikap dan gerak dari bagian tubuh yang dimulai dari kepala, badan, tangan dan kaki. Dari tata hubungan elemen dasar tersebut menghasilkan bentuk-bentuk motif yang sifatnya tumpang tindih dan silih berganti. Pada tata hubungan hirarkis yang terdapat dalam tari Ramo-RamoTabang Duo terdiri dari 188 motif, 20 frase, 10 kalimat dan 1 gugus. Pada tari Ramo-Ramo Tabang Duo memiliki tata hubungan sintagmatis dimana antara (a) motif satu dengan motif yang lainnya tidak dapat dipertukar balikkan atau dipisahkan karena tari ini sudah memiliki urutan gerak yang sudah ditentukan. (b) antara frase yang satu dengan frase yang lain tidak dapat dipertukar balikkan yang menyerupai mata rantai. (c) antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya tidak dapat dipertukar balikkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:12
Last Modified: 04 Dec 2018 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20012

Actions (login required)

View Item View Item