Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode CTL dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 9 Payakumbuh

Agustin, Dynie Novia (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode CTL dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 9 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DYNIE_NOVIA_AGUSTIN_1201148_1217_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Pelajaran Seni Tari siswa di Kelas VII di SMP Negeri 9 Payakumbuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian adalah perencanaan (planning), tindakan (action), pengembangan (development), observasi (observation), dan refleksi. Objek peneltian ini dilakukan terhadap 31 orang siswa di kelas VIII.2 di SMP Negeri 9 Payakumbuh. Pada semester ganjil pada tahun 2015/2016. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni tari di SMP Negeri 9 Payakumbuh. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa 55,34 atau sekitar 9 orang tuntas dan 22 tidak tuntas. Pada siklus ke II nilai rata-rata yang diperoleh siswa 81,87 dengan kriteria perolehan nilai “baik” dengan jumlah hasil ketuntasan sebanyak 27 siswa. Dengan kata lain pengguna metode pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada pelajaran Seni Budaya khususnya seni tari mengalami peningkatan nilai rata-rata yang sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:11
Last Modified: 04 Dec 2018 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20003

Actions (login required)

View Item View Item