Minat Siswa terhadap Pembelajaran Seni Tari di SMAN Pariaman

Mardiani, Dahlia (2017) Minat Siswa terhadap Pembelajaran Seni Tari di SMAN Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DAHLIA_MARDIANI_12011142_986_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Pariaman pada kelas XI IPA 4 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang utama dalam penelitian ini adalah penelitian sendiri dan dibantu dengan alat pendukung seperti alat tulis dan kamera photo. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman (1992) yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya minat belajar siswa di SMAN 4 Pariaman kelas XI IPA 4 pada pelajaran seni tari. Berdasarkan indikator perhatian dalam mengamati/memperhatikan materi yang disajikan guru pada hari pertama 25 orang, hari kedua 23 orang dan hari ketiga 15 orang. Dalam mengajukan pertanyaan pada hari pertama 2 orang, hari kedua 1 orang. Dalam menanggapi/ mengemukakan pendapat pada hari pertama 1 orang, hari kedua 1 orang dan hari ketiga 1 orang. Berdasarkan keinginan siswa yang berantusias dalam mendengarkan materi tari pada hari pertama 3 orang dan hari kedua 3 orang. Siswa yang mampu menanyakan kesulitan hari pertama 1 orang dan hari kedua 1 orang. Siswa yang aktif dalam mengikuti pelajaran hari pertama 2 orang dan hari kedua 2 orang dan hari ketiga 4 orang. Berdasarkan kedisiplinan kehadiran siswa pada hari pertama 32 orang, hari kedua 30 orang dan hari ketiga 32 orang. Siswa yang membuat tugas yang diberikan guru pada hari petama 18 orang, hari kedua 2 orang, dan hari ketiga 4 orang. Siswa yang keluar masuk dalam pembelajaran pada hari pertama 3 orang, hari kedua 5 orang dan hari ketiga 5 orang. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulankan bahwa kurangnya minat belajar siswa dari indikator perhatian, keinginan dan disiplin adalah masih kurangnya siswa memperhatikan guru yang sedang menerangkan pelajaran seni tari, masih kurangnya min

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:10
Last Modified: 04 Dec 2018 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19990

Actions (login required)

View Item View Item