Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tari di SMPN 14 Padang

Kurnia, Bisra (2017) Pelaksanaan Ekstrakurikuler Tari di SMPN 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_BISRA_KURNIA_1201157_1216_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan tentang bagaimana pelaksanaan dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMPN 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri dan instrument pendukung berupa buku catatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Objek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 25 orang siswa. Didalam pelaksanaannya terdapat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Materi yang diajarkan adalah tari pasambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dibuat guru seni budaya dengan ekstrakurikuler tari di SMPN 14 Padang adalah menggunakan materi tari Pasambahan dengan metode demontsrasi yaitu jadwal latihan diadakan setiap minggu mulai direncanakan 6 x pertemuan. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran pun berjalan dengan baik, guru sebagai pelatih berusaha untuk melatih siswa setiap minggu sesuai dengan materi tari Pasambahan yang dilaksanakan selama 6x tatap muka, guru selalu memberikan perhatian kepada siswa yang ke kesulitan dalam berlatih. Sehingga setelah dilakukan evaluasi dengan cara mengukur keterampilan menari diperoleh rata-rata 74,88% atau kategori baik. Dengan demikian pelaksanaan ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 14 Padang berjalan dengan baik dan lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:10
Last Modified: 04 Dec 2018 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19988

Actions (login required)

View Item View Item