Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Tari di SMK Negeri 7 Padang: Studi Kasus

Sati, Ayu Nara (2017) Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Tari di SMK Negeri 7 Padang: Studi Kasus. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_AYU_NARA_SATI_1301130_4028_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) penyebab terjadinya perbedaan motivasi siswa dalam pembelajaran pengetahuan dan keterampilan tari, 2) dampak perbedaan motivasi tersebut terhadap hasil belajar tari di kelas X tari 1 SMK Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan alat tulis dan kamera. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, yaitu mengamati gejala yang timbul dari motivasi siswa terhadap pembelajaran tari baik pengetahuan dan keterampilan Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa pada pembelajaran tari di SMK Negeri 7 Padang terdapat perbedaan motivasi antara pembelajaran tari bidang pengetahuan dan keterampilan. Dari 25 orang siswa hanya 1 orang siswa saja yang memiliki keseimbangan antara pengetahuan dan keterampilan, 2 orang siswa yang hasil belajar pengetahuannya lebih tinggi daripada keterampilan dan itupun dengan rentang nilai yang tidak jauh berbeda antara pengetahuan dan keterampilan, sementara yang lainnya cenderung mempunyai pengetahuan yang rendah dan keterampilan yang tinggi. Hal itu disebabkan karena kemampuan keterampilan tersebut sudah dimiliki atau sudah mendasar dari dalam diri siswa tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Dec 2018 02:01
Last Modified: 03 Dec 2018 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19985

Actions (login required)

View Item View Item