ningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Pembelajaran Tari di SMP Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman

Husna, Aisyah Hudatul (2017) ningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Pembelajaran Tari di SMP Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_AISYAH_HUDATUL_HUSNA_1201170_968_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelititian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar seni tari siswa dengan menggunakan media audio visual, dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman yang berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah catatan lapangan, lembar observasi, dan soal tes tertulis.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi/pengamatan, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif berupa hasil pengamatan pelaksanaan penelitian seperti lembar observasi dan catatan lapangan. Analisis data kuantitatif berupa persentasi aktifitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII.6 SMP negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata aktivitas siswa, yaitu : Mengamati/ memperhatikan materi yang disajikan guru pada siklus I 65,9% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93,2%, Mengajukan pertanyaan pada siklus I 34,1% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 65,9%, menanggapi/ mengemukakan pendapat pada siklus I 43,2%, sedangkat pada siklus II meningkat menjadi 65,9%, Mengerjakan tugas pada siklus I 61,4%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,4%. Di samping itu, rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 62,3 dengan persentase ketuntasan 54,5%. Sedangkan padasiklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 79,5 dengan persentase ketuntasan 81,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Nov 2018 01:43
Last Modified: 30 Nov 2018 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19972

Actions (login required)

View Item View Item