Persepsi Siswa terhadap Penilaian Guru pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMP Negeri 3 Bukitiinggi

Effendi, Adriyal (2017) Persepsi Siswa terhadap Penilaian Guru pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMP Negeri 3 Bukitiinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ADRIYAL_EFFENDI_1301105_4160_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bukitinggi dengan masalah yang berlata belakang pada persepsi siswa terhadap penilaian guru dalam pembelajaran seni budaya di SMP Negeri 3 Bukitinggi. Masalah penelitian ini penting untuk diangkat ke dalam penelitian, sebab bagaimanapun juga selain guru dapat melakukan penilaian bidang pengetahuan, keterampilan, dan sikap kepada siswa dalam pembelajaran, secara tidak langsung siswa juga dapat mempersepsikan penilaian guru itu apa sesuai atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis persepsi siswa terhadap penilaian guru di SMP Negeri 3 Bukitinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Objeks penelitian adalah 28 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bukittinggi yang ditentukan secara acak dari 6 rombongan belajar yang ada. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, catatan observasi, dan studi pustaka. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan melaksanakan wawancara terstruktur, melakukan pengamatan, dan melakukan pencatatan dokumen. Temuan dari hasil penelitian menjelaskan bahwa persepsi siswa terhadap penilaian guru pada bidang pengetahuan untuk pelajaran yang bersifat teori adalah sesuai dengan kemampuan siswa, karena hasil ujian yang diketahui siswa bisa dibandingkan dari jawaban benar salah siswa dengan hasil ujian yang dinyatakan guru. Sementara untuk bidang keterampilan, ada yang sesuai kada ada yang tidak. Sebab siswa tidak dapat mengetahu dengan pasti bagaimana cara guru menilai. Sementara untuk penilaian bidang sikap sepenuhnya tidak bisa dipersepsikan siswa secara tepat. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa penilaian bidang pengetahuan siswa dapat dipersepsikan siswa dengan baik sesuai dengan kemampuannya. Sementara persepsi siswa terhadap penilaian bidang keterampilan dan sikap kadang-kadang sesuai dan kadang-kadang tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Nov 2018 01:43
Last Modified: 30 Nov 2018 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19968

Actions (login required)

View Item View Item