engaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Sub Bidang Studi Seni Rupa Siswa Kelas VII di SMPN 6 Sungai Penuh

Saputra, Wiwin Mukti (2017) engaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Sub Bidang Studi Seni Rupa Siswa Kelas VII di SMPN 6 Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_WIWIN_MUKTI_SAPUTRA_1305421_3446_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Seni Budaya sub bidang studi Seni Rupa siswa kelas VII di SMPN 6 Sungai Penuh belum memuaskan. Untuk itu dilakukan usaha peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audio visual dan motivasi terhadap hasil belajar Seni Budaya sub bidang studi Seni Rupa siswa kelas VII di SMPN 6 Sungai Penuh. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian faktorial 2 × 2 , dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti mendapatkan kelas VII/A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII/B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui instrument angket motivasi belajar dan tes hasil belajar, tes yang digunakan perlu dilihat terlebih dahulu indeks kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah tahap pengolahan deskriptif dan analisis induktif menggunakan SPSS v.18. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil 1) Sig-alpha (0,000 < 0,05) dan t hitung lebih besar dari t tabel (4,764 > 2,021), maka Ho ditolak dan dan H1 diterima, dengan demikian hasil belajar kelas eksperimen berbeda secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol, 2) Sig-alpha (0,012 < 0,05) dan t hitung lebih besar dari t tabel (3,081> 2,228), maka Ho ditolak dan dan H1 diterima, dengan demikian hasil belajar kelas ekperimen motivasi belajar tinggi berbeda secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol motivasi belajar tinggi, 3) sig-alpha (0,016 < 0,05) dan t hitung lebih besar dari t tabel (2,884 > 2,228), maka Ho ditolak dan H1 diterima, dengan demikian hasil belajar kelas eksperimen motivasi belajar rendah berbeda secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas eksperimen motivasi belajar rendah. Penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Seni Budaya sub bidang studi Seni Rupa di kelas VII SMPN 6 Sungai Penuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Nov 2018 01:43
Last Modified: 30 Nov 2018 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19962

Actions (login required)

View Item View Item