Penerapan Strategi Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa di Kelas VII 6 SMP Negeri 26 Padang

Syawalina, Siti (2017) Penerapan Strategi Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa di Kelas VII 6 SMP Negeri 26 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SITI_SYAWALINA_1201103_553_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran yang ditetapkan di sekolah yakni 80.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Seni Rupa siswa melalui penerapan strategi discovery learning pada siswa kelas VII 6 SMP Negeri 26 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi teman sejawat yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus satu dan dua. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan waktu satu kali pertemuan 2 x 40 menit. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah format aktivitas siswa, format aktivitas guru dan lembaran evaluasi hasil belajar. Berdasarkan tindakan yang diberikan dan hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar seni rupa materi menggambar bentuk secara signifikan. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengolahan data menunjukkan peningkatan, persentasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 59,07%, meningkat menjadi 84.6% pada siklus II. Ketuntasan rata-rata nilai hasil belajar di prasiklus 27,7% yang berjumlah 10 orang, jumlah siswa yang belum tuntas 26 orang dan meningkat pada siklus I dengan ketuntasan 28 orang dan rata-rata nilai 77,77%. Kemudian pada siklus II semua siswa tuntas dengan ketuntasan 100%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni rupa di kelas VII 6 SMP Negeri 26 Padang. Penelitian ini disarankan kepada guru, siswa, lembaga pendidikan, dan bagi pembaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Nov 2018 01:42
Last Modified: 30 Nov 2018 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19957

Actions (login required)

View Item View Item