Pengaruh Penggunaan Media Power Point terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Seni Rupa Siswa di SMPN 4 Padang

Rezi, Septia (2017) Pengaruh Penggunaan Media Power Point terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Seni Rupa Siswa di SMPN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SEPTIA_REZI_1202834_249_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap aktivitas belajar seni rupa siswa SMP N 4 Padang. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar seni rupa siswa SMP N 4 Padang. Menjawab permasalahan di atas penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan pretest – posttest control group design, dengan penentuan sampel menggunakan teknik pengampilan sampel secara acak (random sampling) pada siswa kelas VII SMPN 4 Padang. Kelas yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui instrument tes hasil belajar dan tes angket aktivitas belajar, tes yang digunakan perlu dilihat terlebih dahulu indeks kesukaran, daya pembeda, reliabilitas dan validitas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah tahap pengolahan deskriptif, tahap pengolahan analisis induktif yang terdiri dari : uji normalitas dan uji homogenitas, dan tahap pengujian hipotesis yaitu uji beda menggunakan (paired sampel t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media power point terhadap aktivitas dan hasil belajar seni rupa siswa di SMPN 4 Padang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan bahwa nilai uji hipotesis pada hasil belajar thitung = 15,546 dan ttabel = 2,045 pada taraf alpha = 0,05, hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, dapat disimpulkan Ha diterima. Sedangkan uji hipotesis pada aktivitas belajar rhitung = 4,762 dan rtabel = 0,334 pada taraf alpha = 0,05, hal ini menunjukkan bahwa rhitung > rtabel, dapat disimpulkan Ha diterima, artinya rata-rata (mean) nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah tidak identik atau berbeda. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media power point berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar seni rupa siswa SMPN 4 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:43
Last Modified: 29 Nov 2018 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19950

Actions (login required)

View Item View Item