Hubungan Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa SMPN 35 Kota Padang

Matua, Sayur (2018) Hubungan Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa SMPN 35 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SAYUR_MATUA_15805_4427_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Terdapat 2 guru pada mata pelajaran seni di SMPN 35 Kota Padang yaitu guru pendidikan seni budaya dan guru pendidikan seni musik. Dimana masing-masing guru memiliki jam pembelajaran 1 x 45 menit atau satujam pelajaran. Motivasi dan kemandirian belajar siswa sangat berpengaruh dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni budaya, hampir sama pentingnya dengan materi pelajaran lainnya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar kaitan antara motivasi belajar siswa dan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya di SMPN 35 Kota Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berada di SMPN 35 Kota Padang yang mempelajari mata pelajaran seni budaya pada kelas VIII 1 sampai VIII 5. Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII 1 sampai kelas VIII 5 pada semester 1 tahun ajaran 2013-2014, rendahnya hasil belajar siswa tersebut diduga karna kurangnya motivasi belajar dan kemandirian belajar yang dimiliki siswa kelas VIII tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 35 Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sampai VIII 5 sebanyak 175 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan dan positif antara motivasi dengan hasil belajar mata pelajaran seni budaya siswa kelas VIII SMPN 35 Kota Padang, terdapat korelasi yang signifikan dan positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran seni budaya siswa SMPN 35 Kota Padang, terdapat korelasi yang signifikan dan positif antara motivasi dan kemandirian secara bersama-sama dengan hasil belajar pada mata pelajaran seni budaya siswa SMPN 35 Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:43
Last Modified: 29 Nov 2018 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19949

Actions (login required)

View Item View Item