Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Rupa Siswa SMA Negeri I Dua Koto Kabupaten Pasaman

Khairani, Rina (2017) Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Rupa Siswa SMA Negeri I Dua Koto Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RINA_KHAIRANI_1201092_1541_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri I Dua Koto Kabupaten Pasaman.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Dua Koto Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakanmodel penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berupa tes pre-test dan posttest. Jenis instrumen adalah tes tertulis berbentuk objektif dengan pilihan ganda. Kemudian data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20.00 Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media video lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang tanpa menggunakan media video. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 20.0 diperoleh nilai thitung= 4,458 dan ttabel=2,034 dengan taraf signifikan (α = 0,05) ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni rupa di kelas XI SMA Negeri I Dua Koto Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:43
Last Modified: 29 Nov 2018 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19943

Actions (login required)

View Item View Item