Penggunaan Media Pembelajaran Video YouTube untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi Siswa di Kelas VIIIE SMP Negeri 1 Padang

Cahayani, Nilam (2017) Penggunaan Media Pembelajaran Video YouTube untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi Siswa di Kelas VIIIE SMP Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_NILAM_CAHAYANI_1301040_4503_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran menggambar Ilustrasi di kelas VIIIE SMP Negeri 1 Padang dengan menggunakan media pembelajaran video YouTube. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran menggambar ilustrasi di kelas VIIIE SMP Negeri 1 Padang dengan menggunakan media pembelajaran video YouTube. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Class room action research). Metode dan alat pengumpul data pada penelitian ini adalah format observasi minat siswa, observasi guru, angket minat siswa, tes dan tugas siswa. Hasil penelitian yang telah diperoleh dari pengolahan data menunjukkan peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Minat siswa pada prasiklus didapatkan 77.43 % dengan kategori sedang, setelah peneliti melakukan tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 80.15 % dengan kategori tinggi, selanjutnya Siklus II minat siswa meningkat signifikan menjadi 92.06 % dengan kategori tinggi, berdasarkan persentase tersebut maka minat siswa yang mulanya rendah sudah terjadi peningkatan dan begitu juga dengan hasil belajar siswa juga menujukkan peningkatan hasil belajar menggambar ilustrasi yang signifikan. Hal tesebut dapat dibuktikan dengan rata-rata prasiklus yang awalanya 74.00 menjadi 81.00 padasiklus I, kemampuan siswa terus menujukkan adanya peningkatan pada sikluske II dengan rata-rata menjadi 91.00. Berdasarkan hasil temuan penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video YouTube dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:42
Last Modified: 29 Nov 2018 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19935

Actions (login required)

View Item View Item