Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Sub Bidang Studi Seni Rupa Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Lubuk Alung

Fitri, Elsa (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Sub Bidang Studi Seni Rupa Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ELSA_FITRI_15776_5339_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Agar pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan, maka semua komponem yang terlibat dalam pembelajaran dapat mengupayakan berbagai hal untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal. dalam proses pembelajaran seorang guru diharapkan mampu menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga dapat merangsang siswa untuk belajar secara aktif. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas penulis ingin mengetahui sejauh mana model pembelajaran CTL untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi seni rupa dalam pembelajaran seni budaya, dengan judul penelitian: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Contectual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Sub Bidang Studi Seni Rupa Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Lubuk Alung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental, populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1Lubuk Alung. sampel pada penelitian ini adalah kelas VII.1 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang peserta didik dan kelas VII.2 kelas yang berjumlah 29 orang siswa sebagai kelas eksperimen. teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini random sampling. kedua kelas tersebut akan langsung menjadi objek dalam penelitian. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh ttabel 1,699 dan thitung sebesar 3,579. dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara yang diberikan pembelajaran model CTL dengan menggunakan model dan konvensional thitung 3,579 > ttabel 1,699 dapat disimpulkan bahwa hasi belajar siswa yang menggunakan model CTL berbeda secara signifikan dengan pembelajaran yang tidak memakai model CTL. Berdasarkan hasil hipotesis menjelaskan bahwa penggunaan model CTL berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 1 Lubuk Alung pada pembelajaran seni rupa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Peneliti menyarankan bagi peserta didik, sekolah terutama guru mata pelajaran untuk mencoba menggunakan model CTL d alam proses pembelajaran. Agar pembelajaran menggunakan model CTL berjalan dengan baik sebaliknya guru terlebih dahulu menguasai cara-cara penerapan model CTL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:41
Last Modified: 29 Nov 2018 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19913

Actions (login required)

View Item View Item