Budaya 3S (Senyum, Sapa, Salam) Sebagai Ide Penciptaan Karya Lukis Tujuan Penciptaan Karya Akhir ini Adalah : Memvisualisasikan tentang Pengaruh Berkurangnya Budaya 3S

Pranata, Berry (2016) Budaya 3S (Senyum, Sapa, Salam) Sebagai Ide Penciptaan Karya Lukis Tujuan Penciptaan Karya Akhir ini Adalah : Memvisualisasikan tentang Pengaruh Berkurangnya Budaya 3S. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_BERRY_PRANATA_1205370_4505_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Metode penciptaan karya seni, menggunakan lima tahap yaitu tahap persiapan, tahap elaborasi, tahap sintesis, tahap realisasi konsep dan tahap penyelesaian serta yang terakhir mengadakan pameran karya lukis. Corak yang digunakan adalah corak kontemporer yaitu sebuah corak dimana karya tersebut mengikuti perkembangan modern atau yang sering di sebut kekinian. Sepuluh karya yang dibuat mewakili tema yang diangkat. Bercerita tentang faktor pengaruh berkurangnya budaya 3s, dimana faktor yang mempengaruhinya adalah teknologi yang semakin maju dan dipakai secara berlebihan. Pengaruh buruknya adalah Terjadinya kurang komunikasi langsung tatap muka yang mampu merasakan emosi lawan yang berbicara, karena selalu memainkan layar handphone dan hanya berbicara lewat kata dalam kalimat. Hal seperti ini lama kelamaan mampu mengubah tatanan komunikasi masyarakat yang dulunya melakukan interaksi secara langsung dan merasakan emosi yang nyata serta mengenal baik lingkungan sekitar, baik luar maupun dalam. Berubah menjadi acuh dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar, dan menjadi individu yang pendiam dan kurang bersosial. Maka dari itu diharapkan untuk selalu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan menerapkan Budaya 3S. Hasil dari pembahasan dan tahapan tersebut terciptalah sepuluh karya yang memberi motivasi dan media pembelajaran untuk menjadikan manusia berkarakter baik dalam hidup dan kehidupannya. Adapun 10 judul karya yang telah tercipta tersebut yaitu: 1. Masuk. 2. Larut. 3. Sellfie. 4. Lapar. 5. Aahhh. 6. Terfollow. 7. Melihat kedalam. 8. Kekenyangan. 9. Aneh. 10.Makian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:41
Last Modified: 29 Nov 2018 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19909

Actions (login required)

View Item View Item