FasadeArsitektur, Nama dan Penempatan Ukiran Tradisional Minangkabau pada SurauTuo Nagari Lubuak Bauak Kecamatan Batipuah Kabupaten Tanah Datar

Armin, Aditya (2017) FasadeArsitektur, Nama dan Penempatan Ukiran Tradisional Minangkabau pada SurauTuo Nagari Lubuak Bauak Kecamatan Batipuah Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ADITYA_ARMIN_1202832_272_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Surau merupakan karya arsitektur tradisional dalam bentuk artifak yang dibangun dari peradaban masyarakat atau budaya di Minangkabau. Fungsi utama surau bagi masyarakat Minangkabau sebagai tempat beribadah, pendidikan dan disamping itu sebagai tempat pelestarian budaya seperti belajar silat dan randai. Wujud arsitektur surau memiliki bidang dan ruang yang di isi dengan elemen-elemen estetika seperti ukiran, dan elemen seni lainya pada sebuah bidang Fasade. Bidang fasade memiliki ruang-ruang dan elemen yang mengandung nilai-nilai mengatur tatanan sosial kehidupan masyarakat Minangkabau. Sebagai kajian dalam penelitian ini dapat dirumuskan pertanyaan penelitian apa sajakah elemen-elemen dan unsur yang terdapat pada ruang atau bidang fasade ditinjau dari nama dan penempatanya. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Menjelaskan fasade surau tuo nagari lubuak bauak. 2. Mendeskripsikan nama ukiran tradisional Minangkabau yang terdapat pada surau tuo nagari lubuak bauak, 3. Menjelaskan penempatan ukiran tradisional Minangkabau yang terdapat pada fasade. Penelitian ini berlokasi di nagari Batipuah baruah jorong Lubuak Bauak kecamatan Batipuah kabupaten Tanah datar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan dengan cara pengamatan kelapangan, wawancara, dan pengumpulan dokumentasi. Untuk analisis dan pengumpulan data, dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ditemukan pada fasade artifak terdapat empat posisi bidang Fasade tampak depan, samping kiri kanan, dan bidang belakang. Ke empat sisi permukaan fasade itu terdapat nama-nama ukiran dan penempatanya yang sama pada masing-masing bidang. Terdapat dua puluh nama ukiran, dan termasuk satu motif ukiran akibat pengaruh belanda. Seluruh nama dan bentuk ukiran ini dibuat dalam bidang besar dan kecil ditempatkan secara vertikal, horizontal dan diagonal pada seluruh permukaan Fasade.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:41
Last Modified: 29 Nov 2018 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19899

Actions (login required)

View Item View Item