The Origin of Minangkabaunese People‟s Ancestors Shown in the Speech “Pasambahan Maanta Marapulai” Produced by ELTA Record Bukittinggi

Agustrinaldi, Agustrinaldi (2017) The Origin of Minangkabaunese People‟s Ancestors Shown in the Speech “Pasambahan Maanta Marapulai” Produced by ELTA Record Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_AGUSTRINALDI_1300975_4663_2017.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan asal usul nenek moyang Minangkabau dalam Pidato Pasambahan Maanta Marapulai yang diproduksi oleh ELTA Record Bukittinggi. Penelitian ini membahas tentang asal usul nenek moyang Minangkabau yang terdapat dalam video tersebut berdasarkan mitos. Dalam penyusunan makalah ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang merupakan suatu metode yang meneliti suatu objek dengan menjelaskan objek tersebut. Peneliti mendapatkan data-data pendukung dari beberapa buku yaitu buku-buku literatur, buku jurnal, dan buku lainnya yang berkaitan dengan skripsi ini. Dalam menganalisa, peneliti menjelaskan makna- makna yang tersirat yang terdapat dalam Pidato Pasambahan Manta Marapulai baik itu yang disampaikan oleh pihak mempelai laki-laki maupun yang disampaikan oleh pihak mempelai perempuan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nenek moyang orang minangkabau berasal dari putra ketiga Sultan Iskandar Zulkarnain yang bernama Maharaja Diraja, ia berlayar melalui Samudra Hindia dan menemukan sebuah pulau di sebelah Barat Pulau Sumatera. Pulau tersebut bernama Pulau Perca. Atau dikenal juga dengan nama Minangkabau. Maharaja Diraja melihat Gunung Merapi dan kemudian Maharaja Diraja bersama rombongannya pergi ke atas Gunung tersebut. Disitulah pertama kali mereka membangun sebuah desa yang diberi nama Siligundi Nan Baselo di Pariangan Padang Panjang. Berdasarkan analisa dari cerita asal usul nenek moyang Minangkabau yang terdapat pada video Pasambahan Maanta Marapulai, peneliti menyimpulkan bahwa cerita tersebut adalah cerita mitos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:32
Last Modified: 28 Nov 2018 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19865

Actions (login required)

View Item View Item