An Analysis of Students’ Pronunciation Errors in Uttering Words at English Department Universitas Negeri Padang

Irmy, Syarifatul Aini (2017) An Analysis of Students’ Pronunciation Errors in Uttering Words at English Department Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SYARIFATUL_AINI_IRMY_1201027_4689_2017.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apa saja kesalahan –kesalahan pengucapan bunyi /ʒ/, /v/, /p/, /t/, dan /k/,dan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa tahun kedua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris tahun masuk 2015 Universitas Negeri Padang serta menjelaskan penyebab error dan mengukur kemampuan mereka. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat dua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris tahun masuk 2015 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen Read Aloud Test berupa 140 kata berbahasa Inggris yang terdiri dari 20 medial /ʒ/, 20final /ʒ/, 20initial /v/, 20 medial /v/, 20 initial /p/, 20 initial /t/, dan 20 initial /k/. Pronunciation masing-masing mahasiswa direkam menggunakan recorder. Data rekaman mahasiswa ini berupa transkripsi symbol fonetik yang kemudian akan dibandingan dengan transkripsi pengucapan Bahasa Inggris yang benar. Berdasarkan data yang diperoleh, error yang banyak terjadi adalah pada pengucapan /ʒ/ dan disusul oleh /v/. Jenis error yang terjadi dikelompokkan dan ditemukanlah jenis Misformation sebagai satu- satunya error yang didapatkan jika menguji bunyi-bunyi yg telah tertera diatas. Faktor penyebab dari error yang terjadi dalam Pronunciation ini, ada dua; yaitu Interlingua Transfer dan Intralingua Transfer. Dari 140 kata, 28% mengalami masalah dengan bunyi /ʒ/ dan /v/, namun tidak memiliki kendala yang berarti dengan pengucapan /p/, /t/, /k/. 72 % dari 140 kata diucapkan dengan benar dan merupakan kata-kata yang mengandung bunyi /p/, /t/, /k/. Dengan kata lain, mahasiswa tingkat dua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris tahun masuk 2015 ini mampu mengucapkan bunyi /p/, /t/, /k/ dengan baik namun belum dengan bunyi /ʒ/ dan /v/

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:32
Last Modified: 28 Nov 2018 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19852

Actions (login required)

View Item View Item