Using Text Coding Strategy in Teaching Reading Comprehension for Senior High School

Putri, Sri Rahayu (2017) Using Text Coding Strategy in Teaching Reading Comprehension for Senior High School. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SRI_RAHAYU_PUTRI_1100973_1530_2017.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Lemahnya kemampuan pemahaman membaca siswa terhadap teks berbahasa Inggris disebabkan oleh dua faktor utama. Faktor pertama datang dari siswa yaitu rendahnya motivasi mereka untuk membaca, hal ini berdampak pada sedikitnya usaha yang mereka lakukan dalam rangka memahami sebuah teks. Selain itu kurangnya latihan yang siswa lakukan juga membuat mereka tidak terlatih untuk memahami teks secara mendalam. Sebagai akibatnya mereka tidak mampu memahami apa yang sebenarnya mereka baca dan tulis sebagai jawaban dari latihan yang diberikan. Faktor kedua adalah faktor yang berasal dari guru seperti metode yang dipakai guru dalam mengajarkan “reading” kurang menarik bagi siswa untuk terlibat aktif dalam membaca teks. Akibatnya siswa menganggap membaca adalah kegiatan yang membosankan. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dibutuhkan sebuah strategi pembelajaran yang tepat. Makalah ini menawarkan sebuah strategi yang dikenal sebagai strategi “Text Coding”. Strategi ini membantu siswa untuk melakukan self-monitoring terhadap pemahaman akan teks yang mereka baca. Selain itu strategi ini juga memudahkan siswa ketika hendak mencari jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks, menemukan ide-ide penting dan juga membantu meningkatkan vocabulary siswa. Guru dapat memulai pelajaran dengan mengaktifkan background knowledge siswa kemudian mencontohkan bagaimana cara menggunakan strategi ini. Hasil dari Text Coding yang dibuat digunakan sebagai bantuan bagi siswa untuk lebih memahami bacaan sehingga diharapkan penggunaan strategi ini juga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:32
Last Modified: 28 Nov 2018 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19849

Actions (login required)

View Item View Item