Teaching Reading by Using Highlighting and Marking Strategy at Senior High School

Yanti, Rika (2017) Teaching Reading by Using Highlighting and Marking Strategy at Senior High School. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RIKA_YANTI_1205312_1619_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Ada dua faktor yang menyebabkan lemahnya kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa inggris yaitu faktor dari siswa dan faktor dari guru. Faktor dari siswa yakni rendahnya motivasi siswa dikarenakan mereka menganggap membaca teks tersebut tidak akan ada manfaatnya bagi mereka sebagai akibatnya siswa lebih memilih untuk chatting dengan siswa lain dari pada membaca teks. Kedua, kurangnya kemampuan siswa dalam hal kosa kata dan grammar. Penguasaan kosa kata dan grammar merupakan kunci untuk memahami teks yang dibaca. Kurangnya penguasaan kosa kata dan grammar dikarenakan siswa tidak sering membaca teks bahasa inggris. Ketiga, siswa kesulitan menemukan ide pokok dan kalimat pendukung dari teks tersebut. Hal ini dikarenakan siswa tidak tahu arti dari kosa kata dalam teks tersebut. Selanjutnya, faktor yang datang dari guru yakni strategi yang guru gunakan kurang menarik siswa. Dalam proses pembelajaran guru sering menggunakan strategi yang sama sehingta siswa merasa bosan. Dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris diperlukan adanya suatu strategi pengajaran yang tepat dan efektif. Dalam makalah ini penulis menawarkan sebuah strategi yakni “Highlighting and Marking Strategy”. Guru dapat memulai pelajaran dengan mengaktifkan background knowledge siswa kemudian mencontohkan bagaimana cara menggunakan strategi ini. Untuk bagian kalimat yang di highlighting di dalam teks adalah main idea dan supporting details dan untuk yang di marking adalah kosa kata yang tidak dimengerti, defenisi, dan membuat notes. Penggunaan strategi ini diharapkan dapat membantu siswa untuk memahami teks yang dibaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:31
Last Modified: 28 Nov 2018 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19840

Actions (login required)

View Item View Item