An Analysis of Generic Structure in Students’ Writing of an Analytical Exposition Text at Grade XI of MAN 2 Padang in the 2015/2016 Academic Year

Mahmudah, Rifa’Atul (2017) An Analysis of Generic Structure in Students’ Writing of an Analytical Exposition Text at Grade XI of MAN 2 Padang in the 2015/2016 Academic Year. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RIFA'ATUL_MAHMUDAH_1205299_1703_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melihat bagaimana tulisan siswa di dalam menulis teks analytical exposition di lihat dari struktur teks analytical exposition itu sendiri, yaitu Thesis, Argument, dan Reiteration. Dalam penelitian ini penulis menggunakan rubrik penilaian yang di adaptasi dari teori Hamp-Lyons yang digunakan oleh tim assessors yang ahli di bidang writing dan penulis sendiri untuk menilai tulisan siswa tersebut. Instrumen yang digunakan adalah menulis teks analytical exposition berdasarkan tiga buah topik berbeda. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Padang untuk siswa kelas XII tahun ajaran 2015/2016. Jumlah tulisan siswa yang terkumpul adalah 100 buah teks, dan 25 buah teks di ambil secara acak sebagai sampel untuk di analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis thesis termasuk kedalam kategori good dengan persentase 56 %, argument termasuk ke dalam kategori good dengan persentase 52 %, dan reiteration termasuk ke dalam kategori good dengan persentase 80 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru Bahasa Inggris diharapkan untuk banyak memberikan latihan menulis kepada siswa untuk berbagai jenis teks di dalam Bahasa Inggris, khususnya teks analytical exposition. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian berkaitan dengan teks analytical exposition yang lebih baik lagi kedepannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:31
Last Modified: 28 Nov 2018 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19839

Actions (login required)

View Item View Item