An Analysis of Students’ Strategy in Using Annotated Idea in Writing Discussion Essay: A Study at English Department of Universitas Negeri Padang

Fatimah, Muthia Sari (2017) An Analysis of Students’ Strategy in Using Annotated Idea in Writing Discussion Essay: A Study at English Department of Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MUTHIA_SARI_FATIMAH_1305349_4690_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara siswa menganotasi teks yang dibaca untuk mengambil ide, strategi apa yang digunakan dan paling banyak digunakan oleh mahasiswa Bahasa Inggris untuk menyertakan ide anotasi yang mereka dapatkan dari membaca sumber untuk menulis esai discussion. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa tahun dua jurusan Bahasa Inggris prodi Pendidikan yang berjumlah 96 orang, yang terbagi dalam 4 kelas; K1,K2,K3 dan K4. Sampel penelitian didapatkan dengan menggunakan metode cluster sampling dimana peneliti mengambil satu kelas sebagai sampel penelitian, yaitu mahasiswa kelas K2 yang berjumlah 24 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan memberikan tes anotasi atau pengambilan idedan tes menulis esai Discussion. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa cara anotasi yang digunakan adalah Menandai, Menyoroti dan Menulis di Pinggiran. Tidak ada mahasiswa yang menggunakan cara anotasi yang menggunakan Sticky Note. Kemudian, ditemukan strategi yang digunakan oleh mahasiswa adalah Mengutip danParafrase untuk menggunakan ide anotasi yang mereka dapat dalam membaca dan digunakan untuk pendukung ide siswa dalam menulis. Tidak ada satu pun mahasiswa yang menggunakan strategi Menyimpulkan. Dari kedua strategi yang digunakan, peneliti juga menemukan strategi yang paling banyak digunakan adalah strategi Mengutip yaitu 25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:30
Last Modified: 28 Nov 2018 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19820

Actions (login required)

View Item View Item