Using Word Chain Game for Speaking Activities in the English Class of Junior High Schools

Sari, Melga (2017) Using Word Chain Game for Speaking Activities in the English Class of Junior High Schools. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MELGA_SARI_1300900_5376_2017.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Berbicara dalam bahasa Inggris adalah salah satu masalah utama yang dihadapi siswa Indonesia. Mereka tidak mempunyai motivasi yang cukup untuk mencoba mempraktikannya dan mereka sering merasa takut untuk salah. Padahal berbicara merupakan sebuah keterampilan yang harus dilatih agar fasih mengucapkannya. Oleh karena itu guru harus mencari metode pengajaran yang sesuai serta dapat meningkatkan motivasi siswa dan mengurangi rasa takut yang ada dalam dirinya. Sebuah metode yang bisa membuat siswa semangat dalam kegiatan pembelajarannya dan tanpa harus merasa khawatir untuk mengekspresikan dirinya untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Dan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pengajaran berbicara adalah dengan menerapkan permainan, salah satunya yaitu permainan “word chain”. Permainan word chain adalah permainan dimana pemain menyebutkan kata berdasarkan huruf terkahir. Permainan ini sedikit serupa dengan permainan tradisional yang terkenal di Indonesia, yaitu rantai kata. Dalam permainan ini siswa akan menyanyikan lagu sebagai pembuka dan diakhir lagu tersebut guru akan menyebutkan sebuah huruf yang nantinya akan menjadi acuan siswa dalam menyebutkan sebuah kata dan setelah itu siswa akan menyebutkan sifat-sifat dari kata tersebut dalam kalimat sederhana. Siswa akan memainkan permainan ini dalam kelompok dimana setelah siswa pertama menyebutkan kata berdasarkan huruf yang disebut guru, dan menyebutkan sifat-sifatnya, siswa yang lain akan menyambungnya dengan melakukan hal serupa sampai semua anggota kelompok mendapat gilirannya. Hal tersebut berlaku untuk semua kelompok. Dengan suasana gembira yang diciptakan oleh permainan ini, siswa dapat menghilangkan rasa takut dan termotivasi untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:30
Last Modified: 28 Nov 2018 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19813

Actions (login required)

View Item View Item