The Ability of the First Year Students of SMKN 2 Pariaman in Writing Inquiry Letter

Turrahmah, Latifah (2017) The Ability of the First Year Students of SMKN 2 Pariaman in Writing Inquiry Letter. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_LATIFAH_TURRAHMAH_1100991_1676_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penilitian tentang kemampuan siswa dalam menulis sebuah surat binis, yaitu surat permintaaan penawaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menulis surat permintaan penawaran dilihat dari struktur sebuah surat. Desain penilitian yang digunakan adalah penilitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, jurusan Administrasi Perkantoran SMKN 2 Pariaman. Populasi berjumlah 74 siswa dari dua kelas, X AP1 dan X AP2. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 25 sampel. Instrument yang digunakan adalah tes menulis surat permintaan penawaran selama 60 menit, dengan tiga topik yang telah ditentukan oleh siswa pada minggu sebelumnya. Tulisan siswa dianalisis menggunakan rubrik menulis surat permintaan penawaran terkait dengan struktur suratnya. Berdasarkan penilitian ini, kemampuan siswa dalam menulis surat permintaan penawaran masuk dalam kategori 4 (well/baik). Meskipun kemampuan siswa menulis surat permintaan penawaran masuk dalam kategori 4 (well/baik) dengan memperhatikan struktur suratnya, namun ada beberapa bagian surat yang belum dimengerti siswa cara penulisannya. Siswa diharapkan lebih memahami bagaimana cara penulisan surat dengan memperhatikan strukturnya dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:30
Last Modified: 28 Nov 2018 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19808

Actions (login required)

View Item View Item