Using Determining Importance Strategy in Teaching Reading Comprehension at Senior High School

Mufti, Ilham (2017) Using Determining Importance Strategy in Teaching Reading Comprehension at Senior High School. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ILHAM_MUFTI_96528_1835_2017.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman membaca siswa terhadap teks berbahasa Inggris sangatlah lemah, karena disebabkan oleh tiga faktor utama. Faktor pertama yaitu rendahnya motivasi siswa untuk membaca, hal ini berdampak pada kurangnya usaha yang mereka berikan dalam rangka memahami sebuah teks. Selain itu kurangnya latihan yang siswa lakukan juga membuat mereka tidak terlatih untuk memahami teks secara mendalam. Sebagai akibatnya mereka tidak mampu menjelaskan apa yang sebenarnya mereka baca dan tulis sebagai jawaban dari latihan yang diberikan. Faktor kedua adalah kurangnya pengetahuan siswa terhadap kosa kata dan tata kata bahasa inggris. Akibatnya siswa sulit untuk megerti makna sebuah kalimat dalam suatu teks. Faktor ketiga adalah faktor yang berasal dari guru seperti metode yang dipakai guru dalam mengajarkan “reading comprehension” belum memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam membaca teks. Akibatnya siswa menganggap membaca adalah kegiatan yang membosankan. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dibutuhkan sebuah strategi pembelajaran yang tepat. Makalah ini menawarkan sebuah strategi yang dikenal sebagai strategi “determining importance”. Strategi ini akan menolong siswa untuk mendapatkan informasi penting yang mereka perlukan selama membaca sebuah text yang ada di sekitar mereka. Guru dapat memulai pelajaran dengan mengaktifkan background knowledge siswa kemudian mencontohkan bagaimana cara menggunakan strategi ini. Hasil dari determining importance yang dibuat digunakan sebagai bantuan bagi siswa untuk lebih memahami bacaan sehingga diharapkan penggunaan strategi ini juga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:30
Last Modified: 28 Nov 2018 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item View Item