Teaching Reading Comprehension by Using Metacognitive Strategy: Read, Ask, Paraphrase (RAP) at Senior High School

Zahra, Fatima (2017) Teaching Reading Comprehension by Using Metacognitive Strategy: Read, Ask, Paraphrase (RAP) at Senior High School. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_FATIMA_ZAHRA_1200979_1614_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Lemahnya kemampuan pemahaman membaca (reading comprehension) siswa pada pelajaran bahasa Inggris di SMA disebabkan oleh beberapa faktor. Yang pertama yaitu kecendrungan guru untuk lebih mengutamakan siswa dalam melafalkan kata ketika membaca sesuai pengucapannya dari pada memahami bacaan itu sendiri. Lalu, setelah mampu membaca dengan lafal yang benar, siswa pun sudah merasa puas sehingga motivasi untuk lebih memahami teks jadi berkurang. Dan yang terakhir, guru juga tidak mempunyai strategi yang tepat untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca. Untuk mengatasi masalahmasalah dalam pembelajaran membaca dibutuhkan sebuah strategi pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menggunakan teknik dari Metacognitive Strategies: Read, Ask and Paraphrase(RAP). Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan teknik RAP dalam proses pengajaran pemahaman membaca siswa Sekolah Menengah Atas. Strategi ini mendorong siswa untuk meningkatkan perhatian dan antusias dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya dalam reading comprehension. Teknik RAP dilakukan dalam 3 tahap yang dilakukan bergantian dalam setiap kegiatan (membaca, bertanya, dan parafrase) yang mengharuskan siswa untuk lebih berkonsentrasi selama aktivitas membaca. 3 tahap dalam strategi ini juga dapat mendorong siswa untuk dapat terlibat dalam setiap aktivitas membaca. Kegiatan yang pertama, read, dapat membantu siswa untuk lebih berhati-hati dalam membaca. Lalu kegiatan selanjutnya, questioning dapat membantu siswa dalam menentukan ide pokok dan kalimat pendukung dalam setiap paragraf. Dan yang terakhir, dalam kegiatan paraphrase, dimana siswa menggunakan kalimatnya sendiri dalam menuliskan kembali sebuah paragraf, akan membantu siswa mengingat informasi yang dibacanya sehingga dapat lebih mudah dalam memahami teks bacaan. Dengan menggunakan strategi ini, penulis berharap agar siswa dapat meningkatkankemampuan pemahaman membacanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Nov 2018 03:24
Last Modified: 27 Nov 2018 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19801

Actions (login required)

View Item View Item