The Use of Pelmanism Game in Teaching Vocabularies to Kindergarten Students

Sari, Cici Permata (2017) The Use of Pelmanism Game in Teaching Vocabularies to Kindergarten Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_CICI_PERMATA_SARI_12210_5403_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk membahas penggunaan permainan Pelmanism dalam mengajarkan kosakata pada siswa taman kanak-kanak. Teknik pengajaran kosakata di taman kanak-kanak umumnya hanya berupa pengenalan dan pengulangan kosakata, tanpa adanya kegiatan lanjutan. Hal ini menyebabkan kosakata yang telah diajarkan seringkali dilupakan oleh siswa sehingga pemerolehan kosakata baru pada siswa tidak mengalami penigkatan berarti. Untuk mengatasi hal tersebut, guru memerlukan kegiataan lanjutan dalam pengajaran kosakata untuk membantu siswa menyimpan lebih banyak kosakata dalam memori jangka panjang mereka. Permainan Pelmanism dapat digunakan sebagai teknik untuk mengajarkan kosakata pada siswa taman kanak-kanak. Pelmanism termasuk ke dalam jenis permainan kartu yang mengandalkan ingatan siswa didalam proses permainannya. Dalam permaninan ini diperlukan satu set kartu yang berisi 10 pasang kartu dengan jumlah total 20 kartu. Pasangan kartu yang dimaksud yaitu pasangan simbol (gambar) kosakata dan bentuk tulisan kosakata yang akan diperkenalkan. Guru harus memperkenalkan dan menjelaskan kosakata yang akan dipakai, kemudian melatih pengucapan siswa. Setelah itu, guru akan mengacak kartu berisi pasangan simbol dan tulisan kosakata lalu menyusunnya terbalik dalam barisan secara acak. Siswa akan mengingat posisi kartu dan secara bergantian membuka sepasang kartu yang menurut mereka berpasangan. Pelmanism menantang kemampuan siswa untuk mengingat, dimana hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan kemampuan siswa dalam melatih ingatan. Selain itu, permainan Pelmanism menggunakan kartu bergambar yang dapat menarik perhatian anak, dalam hal ini siswa taman kanak-kanak. Permainan ini dapat Memberi dampak positif bagi peningkatan pemerolehan kosakata pada siswa taman kanakkanak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Nov 2018 03:24
Last Modified: 27 Nov 2018 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19795

Actions (login required)

View Item View Item