Teaching Narrative Reading Text by Using Very Important Point (VIP) Strategy to Senior High School

Rusdi, Aulia Sari (2017) Teaching Narrative Reading Text by Using Very Important Point (VIP) Strategy to Senior High School. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_AULIA_SARI_RUSDI_1200993_1634_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Reading (membaca) merupakan salah satu keterampilan bahasa yang perlu dikembangkan pada berbagai jenis pendidikan agar siswa mampu memahami isi bacaan dengan baik. Teks naratif adalah salah satu teks yang harus diajarkan pada siswa menengah atas. Namun, kenyataan dilapangan masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks naratif. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti strategi yang digunakan siswa dalam membaca teks naratif kurang efektif, kurangnya kosa kata yang dimiliki siswa, teks yang diberikan oleh guru kurang menarik perhatian siswa, dan kesulitan siswa dalam mengembangkan pengetahuan dasar yang mereka miliki. Dikarenakan oleh beberapa hal ini, penulis tertarik untuk mengangkat dan mengajukan Very Important Point (VIP) sebagai salah satu strategi yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca khususnya teks naratif. Dalam penerapan strategi ini, guru memberikan sebuah teks dan sticky note sebanyak enam potongan. Kemudian siswa diminta membaca teks dan menandai hal-hal penting seperti ide pokok dan kalimat pendukung dengan menggunakan sticky note yang telah disediakan guru. Setelah selesai, guru kemudian akan meminta siswa untuk membuat tabel pada buku catatan mereka dan menuliskan apa poin-poin penting yang mereka pilih dan menuliskan alasan mereka atas pilihan tersebut. Pada tahap akhir, siswa akan duduk berkelompok dan mengemukakan pendapat dan alasan mereka terhadap poin-poin penting yang mereka pilih dan guru akan membimbing siswa selama diskusi berlangsung. Kemudian guru akan memberikan siswa beberapa soal pertanyaan terkait dengan teks bacaan. Siswa diharapkan mampu menjawab soal pertanyaan dengan benar dengan adanya bantuan sticky note yang memudahkan siswa untuk melihat poinpoin penting pada teks bacaan. Strategi ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi teks terutama teks naratif secara lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Nov 2018 03:24
Last Modified: 27 Nov 2018 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19793

Actions (login required)

View Item View Item