Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII MTsN Tiku Kabupaten Agam

Mandasari, Wella Afri (2017) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII MTsN Tiku Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_WELLA_AFRI_MANDASARI_1300821_4138_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model project based learning berbantuan media gambar terhadap tingkat keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII MTsN Tiku Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Tiku Kabupaten Agam dengan jumlah 227 orang yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model project based learning berbantuan media gambar, dan tanpa menggunakan model project based learning berbantuan media gambar. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks prosedur dengan dan tanpa menggunakan model project based learning berbantuan media gambar siswa kelas VIII MTsN Tiku Kabupaten Agam. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur tanpa menggunakan model project based learning berbantuan media gambar, siswa kelas VIII MTsN Tiku Kabupaten Agam berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup dengan nilai rata-rata 70,83. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model project based learning berbantuan media gambar, siswa kelas VIII MTsN Tiku Kabupaten Agam berada pada kualifikasi Baik dengan nilai rata-rata 84,25. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh thitung>ttabel (7,63 > 1,67). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model project based learning berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII MTsN Tiku Kabupaten Agam. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII MTsN Tiku Kabupaten Agam menggunakan model project based learning berbantuan media gambar lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan model project based learning berbantuan media gambar. Dengan demikian, model PjBL berbantuan media gambar dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:47
Last Modified: 27 Nov 2018 00:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19773

Actions (login required)

View Item View Item