Perbedaan Sistem Bunyi dan Kosakata Bahasa Minangkabau di KenagarianKambang Utara Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan Bahasa Minangkabau Umum

Sutia, Trisna (2017) Perbedaan Sistem Bunyi dan Kosakata Bahasa Minangkabau di KenagarianKambang Utara Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan Bahasa Minangkabau Umum. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_TRISNA_SUTIA_96427_2445_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan: (1) perbedaan sistem bunyi bahasa Minangkabau di Kenagarian Kambang Utara Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan bahasa Minangkabau Umum. (2) perbedaan kosakata bahasa Minangkabau di Kenagarian Kambang Utara Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan bahasa Minangkabau Umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik cakap dengan penutur asli di Kenagarian Kambang Utara. Penganalisisan data dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, mentranskripsikan tuturan informan yang telah direkam. Kedua, Mengklasifikasikan data perbedaan sistim bunyi dan kosakata. Ketiga, menyimpulkan data yang berbedaberdasarkan data yang telah dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, perbedaan sistem bunyi bahasa Minangkabau di Kenagarian Kambamg Utara Kecamatan Lengayan Kabupaten Pesisir Selatan dengan Bahasa Minangkabau Umum meliputi: (1) perbedaan vokal terdiri atas perbedaan vokal (a – u), (e – i), dan ( i – a), (2) perbedaan konsonan terdiri atas perbedaan konsonan (ø – h), (ø – m ), (m – b), (η– ø), (η– n) , (ň – ø), (/ň–n), (ø –r), (ʁ - h), (ʁ - r), (w – ø), (w – r), dan (y – ø), (3) perbedaan diftong terdiri atas perbedaan diftong (ɛ - ɛa), (ur – ua) dan (ur – ua), Kedua, perbedaan kosakata bahasa Minangkabau di Kenagarian Kambang Utara Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan bahasa Minangkabau Umum terjadi pada: (a) verba, (b) adjektiva, dan (c) nomina.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:46
Last Modified: 27 Nov 2018 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19769

Actions (login required)

View Item View Item