Alih Aksara dan Alih Bahasa teks Kitab Fadhilah Syuhur Menerangkan Kelebihan Bulan Muharram dan Kelebihan Hari Asyura Disusun oleh Imam Maulana Abdul Manaf Amin Al-Khatib

Tanjung, Riska Ardiana (2017) Alih Aksara dan Alih Bahasa teks Kitab Fadhilah Syuhur Menerangkan Kelebihan Bulan Muharram dan Kelebihan Hari Asyura Disusun oleh Imam Maulana Abdul Manaf Amin Al-Khatib. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RISKA_ARDIANA_TANJUNG_1300873_1346_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menyajikan alih aksara teks Kitab Fadhilah Syuhur Menerangkan Kelebihan Bulan Muharran dan Kelebihan Hari Asyura Disusun oleh Imam Maulana Abdul Manaf Amin Al-Khatib, dan (b) menyajikan alih bahasa teks Kitab Fadhilah Syuhur Menerangkan Kelebihan Bulan Muharran dan Kelebihan Hari Asyura Disusun oleh Imam Maulana Abdul Manaf Amin Al-Khatib. Penelitian ini adalah penelitian filologi. Objek penelitian ini adalah teks Kitab Fadhilah Syuhur Menerangkan Kelebihan Bulan Muharram dan Kelebihan Hari Asyura Disusun oleh Imam Maulana Abdul Manaf Amin Al-Khatib. Metode yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan tahapan penelitian. Pada tahap pengumpulan data digunakan metode studi kepustakaan dan metode studi lapangan. Pada tahap deskripsi naskah menggunakan metode deskriptif. Pada tahap alih aksara digunakan metode alih aksara. Pada tahap alih bahasa menggunakan metode alih bahasa. Hasil penelitian ini adalah menyajikan teks yang dapat dibaca dan dipahami oleh masyarakat sekarang tentang teks Kitab Fadhilah Syuhur Menerangkan Kelebihan Bulan Muharram dan Kelebihan Hari Asyura Disusun oleh Imam Maulana Abdul Manaf Amin AlKhatib. Hasil penelitian ini juga menyajikan teks yang telah disesuaikan dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Naskah ini menceritakan setiap amalan yang baik seperti berpuasa, bersedekah dan lainnya dilakukan pada bulan Muharram dan hari Asyura, maka amalan akan dilipatgandakan pahalanya. Pada naskah teks Kitab Menerangkan Kelebihan Bulan Muharram dan Kelebihan Hari Asyura Disusun oleh Imam Maulana Abdul Manaf Amin AlKhatib terdapat kosakata yang menunjukkan ragam bahasa Melayu lama di dalamnya. Hal ini dilakukan agar kemurnian bahasa naskah tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:46
Last Modified: 27 Nov 2018 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19767

Actions (login required)

View Item View Item