Struktur Cerita Rakyat Legenda Bujang Jibundan Fungsi Sosialnya pada Masyarakat Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Azizah, Maya Gus (2017) Struktur Cerita Rakyat Legenda Bujang Jibundan Fungsi Sosialnya pada Masyarakat Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MAYA_GUS_AZIZAH_1300863_1390_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur cerita rakyat legenda Bujang Jibun pada Masyarakat Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan; (2) mendeskripsikan fungsi sosial cerita rakyat legenda Bujang Jibun dan Fungsi Sosialnya pada Masyarakat Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain; (1) folklor; (2) ciri-ciri folklor; (3) bentukbentuk folklor; (4) cerita rakyat; (5) struktur cerita rakyat legenda; (6) fungsi sosial cerita rakyat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah tuturan dari informan berupa sastra lisan cerita rakyat legenda yang telah diinventarisasikan oleh peneliti sesuai unsur fakta cerita rakyat legenda Bujang Jibun pada Masyarakat Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Sumber data penelitian ini adalah cerita rakyat legenda Bujang Jibun pada Masyarakat Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang diperoleh dari hasil wawancara dengan informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) wawancara, (2) perekaman sastra lisan, (3) transkripsi ke dalam bentuk tulisan, (4) transliterasi, dan (5) inventarisasi data ke dalam format data. Pada penelitian ini ditemukan struktur fakta cerita rakyat legenda Bujang Jibun dan fungsi sosial cerita pada Masyarakat Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa struktur cerita rakyat legenda Bujang Jibun terdiri atas: alur/plot, penokohan, latar, dan tema. Fungsi sosial cerita rakyat legenda Bujang Jibun pada masyarakat Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yaitu: (1) sebagai bentuk hiburan, (2) sebagai alat pendidikan anak-anak, (3) sebagi jati diri, dan (4) sebagai sarana dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:27
Last Modified: 26 Nov 2018 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item