Kekerabatan Bahasa Mandailing di Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman dengan Bahasa Batak Angkola di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat

M. Ikbal, M. Ikbal (2017) Kekerabatan Bahasa Mandailing di Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman dengan Bahasa Batak Angkola di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_M._IKBAL_1205261_1402_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kekerabatan antara bahasa Mandailing di Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman dengan bahasa Batak Angkola di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat dengan kajian Linguistik Historis Komparatif. Tingkat kekerabatan kedua bahasa ini dilakukan dengan teknik leksikostatistik dan glotokronologi dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persentase tingkat kekerabatan, menghitung lama waktu pisah, dan mendeskripsikan korespondensi antara bahasa Mandailing di Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman dan Bahasa Batak Angkola di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Data penelitian ini adalah dua ratus kosakata dasar bahasa Mandailing dan dua ratus kosakata dasar bahasa Batak Angkola berdasarkan dua ratus kosakata dasar Swadesh. Jenis dan sumber data penelitian ini adalah sumber lisan sebagai sumber primer yang dituturkan langsung oleh pembahan sebagai penutur asli, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Analisis data dilakukan dengan memakai teknik leksikostatistik dan glotokronologi. Temuan penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, kosakata kerabat antara kedua bahasa adalah 124 kosakata kerabat, sedangkan persentase tingkat kekerabatan kedua bahasa adalah 62 %. Kedua, waktu pisah antara kedua bahasa tersebut adalah 1.101 tahun yang lalu dihitung dari tahun 2016. Ketiga, bukti-bukti korespondensi bunyi antara kedua bahasa tersebut dapat dilihat dalam bentuk pasangan identik sejumlah 90 kata, aferesis sejumlah 2 kata, asimilasi sejumlah 3 kata, perubahan zero sejumlah 3 kata, unpacking 1 kata, kluster reduksi 1 kata, kompresi sejumlah 4 kata, protesis sejumlah 5 kata, haplologi sejumlah 3 kata, dan korespondensi fonemis 1 kata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:27
Last Modified: 26 Nov 2018 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19748

Actions (login required)

View Item View Item