Struktur dan Fungsi Sosial Tradisi Lisan Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan Tentang Mata Pencaharian Masyarakat Batak Angkola di Kenagarian Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat

Alam, Guntur (2017) Struktur dan Fungsi Sosial Tradisi Lisan Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan Tentang Mata Pencaharian Masyarakat Batak Angkola di Kenagarian Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_GUNTUR_ALAM_1205245_1334_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan fungsi sosial tradisi lisan kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang mata pencaharian masyarakat Batak Angkola di Kenagarian Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian, data dikumpulkan melalui dua tahap yaitu tahap perekaman dan tahap pengumpulan data tentang lingkungan penceritaan. Setelah melakukan tahap perekaman wawancara, kemudian data dianalisis dengan tahap tahap inventarisasi data, klasifikasi data, tahap penjelasan struktur, tahap penjelasan fungsi, tahap menginterprestasikan data, dan tahap pelaporan. Setelah melakukan wawancara dan menganalisis data tentang tradisi lisan kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang mata pencaharian masyarakat Batak Angkola, disimpulkan bahwa data yang didapatkan sebanyak 31 data ungkapan tentang mata mata pencaharian. Dari informan pertama didapatkan 10 data ungkapan, informan kedua sebanyak delapan data ungkapan, dan informan ketiga didapatkan 13 data ungkapan. Struktur dua bagian yaitu sebab dan akibat ditemukan dalam 31 data, sementara struktur tiga bagian tidak ada ditemukan dalam data penelitian. Kemudian fungsi sosial terdapat dalam lima data untuk mempertebal emosi keyakinan sedangkan 10 data didapatkan untuk alat pendidik anak atau remaja, lima data berfungsi sosial untuk menyuruh, enam data berfungsi sosial untuk mengingatkan, dan 31 data berfungsi sosial untuk melarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:27
Last Modified: 26 Nov 2018 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19743

Actions (login required)

View Item View Item